Kurikulum MTs Sesuai KMA 450 Tahun 2024
Struktur Kurikulum MTs Sesuai KMA 450 Tahun 2024: Panduan Lengkap Implementasi Kurikulum Merdeka.
Artikel ini membahas secara lengkap tentang struktur kurikulum MTs berdasarkan KMA 450 Tahun 2024, yang dikenal dengan Kurikulum Merdeka. Artikel ini bertujuan untuk membantu para pemangku kepentingan di madrasah, seperti kepala madrasah, guru, dan orang tua, memahami dan menerapkan kurikulum baru ini dengan efektif.
Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs
KMA 450 Tahun 2024 memberikan fleksibilitas bagi madrasah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Madrasah dapat menyesuaikan struktur kurikulum dengan kekhasan madrasah dan kebutuhan peserta didik.
Berikut beberapa poin penting dalam implementasi Kurikulum Merdeka di MTs:
- Pembelajaran berpusat pada peserta didik: Guru berperan sebagai fasilitator untuk membantu peserta didik belajar secara aktif dan mandiri.
- Penilaian yang berfokus pada pengembangan: Penilaian tidak hanya berfokus pada hasil belajar, tetapi juga pada proses belajar dan perkembangan karakter peserta didik.
- Pembelajaran yang terintegrasi: Pelajaran diintegrasikan dengan berbagai konteks kehidupan sehingga peserta didik dapat memahami dan menerapkan pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari.
- Pemanfaatan teknologi: Teknologi dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran dan meningkatkan minat belajar peserta didik.
Tabel Struktur kurikulum dan alokasi waktu mata pelajaran di MTs Kelas VII
Tabel Struktur kurikulum dan alokasi waktu mata pelajaran di MTs Kelas VIII
Tabel Struktur kurikulum dan alokasi waktu mata pelajaran di MTs Kelas IX
Keterangan:
- Asumsi 1 tahun = 36 minggu (untuk kelas VII dan VIII) dan 32 minggu (kelas IX)
- 1 JP = 40 menit
- Mapel Seni dan Budaya, madrasah menyediakan minimal 1 jenis seni atau prakarya (seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari, prakarya). Peserta didik memilih 1 jenis seni atau prakarya
- Muatan Lokal; paling sedikit 72 JP per tahun dan paling banyak 216 JP per tahun (kelas VII, VIII) paling sedikit 64 JP per tahun dan paling banyak 192 JP per tahun (kelas IX)
Sebagai tambahan, berikut adalah simulasi alokasi JTM per minggu pada struktur kurikulum KMA 450 tahun 2024, yang disusun oleh Madrasah Bisa.
Implementasi Struktur Kurikulum MTs dilaksanakan dengan ketentuan:- Layanan bimbingan dan konseling dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai bimbingan dan konseling.
- Muatan lokal merupakan muatan pembelajaran yang sesuai dengan kekhasan Madrasah, tipologi Madrasah, potensi, dan keunikan lokal berupa:
- keagamaan
- seni budaya;
- prakarya;
- pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan;
- bahasa;
- teknologi; dan
- riset.
- Muatan lokal dapat dilaksanakan pada Madrasah melalui:
- pengintegrasian ke dalam mata pelajaran lain;
- pengintegrasian ke dalam tema P5RA; dan/atau
- mata pelajaran yang berdiri sendiri.
- Kurikulum di Madrasah penyelenggara pendidikan inklusif di MTs menambahkan mata pelajaran program kebutuhan khusus sesuai kondisi Peserta Didik.
- Peserta Didik yang memiliki potensi kecerdasan istimewa dapat diberikan percepatan pemenuhan beban belajar dan/atau pendalaman dan pengayaan Capaian Pembelajaran terkait Kurikulum Merdeka sebagai layanan individual dan bukan dalam bentuk rombongan belajar.
- Madrasah dapat melakukan penambahan dan/atau relokasi jam pelajaran sesuai dengan hasil analisis capaian pembelajaran dan ketersediaan waktu di Madrasah.
- Madrasah yang mengembangkan program khusus dapat menggunakan alokasi waktu muatan lokal. Kelas VII dan VIII minimal 72 JP dan maksimal 216 JP per tahun sedangkan kelas IX minimal 64 JP dan maksimal 192 JP pertahun.
- Tim P5RA di Madrasah terdiri atas koordinator dan fasilitator, dengan ketentuan:
- P5RA dalam 1 (satu) tahun ajaran dilaksanakan 2 (dua) sampai dengan 3 (tiga) projek dengan tema berbeda;
- Guru mata pelajaran yang alokasi waktu P5RA dialihkan, dapat menjadi fasilitator setara dengan 1 (satu) JP per rombongan;
- beban belajar sebagai koordinator projek P5RA setara dengan 2 jam tatap muka per 1 rombongan belajar setiap tahun untuk pemenuhan jam tatap muka paling sedikit 24 jam tatap muka per minggu dan paling banyak mengampu 3 rombongan belajar.
Untuk lebih jelasnya sila baca dan pahami KMA Nomor 450 tahun 2024 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada RA, MI, MTs, MA, dan MAK.
Posting Komentar