IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Kurikulum MTs Sesuai KMA 450 Tahun 2024

Struktur Kurikulum MTs Sesuai KMA 450 Tahun 2024: Panduan Lengkap Implementasi Kurikulum Merdeka. 

Artikel ini membahas secara lengkap tentang struktur kurikulum MTs berdasarkan KMA 450 Tahun 2024, yang dikenal dengan Kurikulum Merdeka. Artikel ini bertujuan untuk membantu para pemangku kepentingan di madrasah, seperti kepala madrasah, guru, dan orang tua, memahami dan menerapkan kurikulum baru ini dengan efektif.



Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs

KMA 450 Tahun 2024 memberikan fleksibilitas bagi madrasah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Madrasah dapat menyesuaikan struktur kurikulum dengan kekhasan madrasah dan kebutuhan peserta didik.

Berikut beberapa poin penting dalam implementasi Kurikulum Merdeka di MTs:

  • Pembelajaran berpusat pada peserta didik: Guru berperan sebagai fasilitator untuk membantu peserta didik belajar secara aktif dan mandiri.
  • Penilaian yang berfokus pada pengembangan: Penilaian tidak hanya berfokus pada hasil belajar, tetapi juga pada proses belajar dan perkembangan karakter peserta didik.
  • Pembelajaran yang terintegrasi: Pelajaran diintegrasikan dengan berbagai konteks kehidupan sehingga peserta didik dapat memahami dan menerapkan pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pemanfaatan teknologi: Teknologi dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran dan meningkatkan minat belajar peserta didik.

    Tabel Struktur kurikulum dan alokasi waktu mata pelajaran di MTs Kelas VII

    Mata PelajaranKelas VII
    Alokasi IntrakurikulerAlokasi P5RATotal JP
    Al-Quran Hadis72 72
    Akidah Akhlak72 72
    Fikih72 72
    Sejarah Kebudayaan Islam72 72
    Bahasa Arab108 108
    Pendidikan Pancasila7236108
    Bahasa Indonesia18036216
    Matematika144 144
    Ilmu Pengetahuan Alam144 144
    Ilmu Pengetahuan Sosial10836144
    Bahasa Inggris108 108
    Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan7236108
    Informatika7236108
    Seni dan Budaya
         1. Seni Musik
         2. Seni Rupa
         3. Seni Teater
         4. Seni Tari
         5. Prakarya Budi Daya
         6. Prakarya Kerajinan
         7. Prakarya Rekayasa
         8. Prakarya Pengolahan
    72 36108
    Total JP Mapel Wajib13682161584
    Muatan Lokal72-216 72-216
    Total JP1440-15842161656-1800


    Tabel Struktur kurikulum dan alokasi waktu mata pelajaran di MTs Kelas VIII

    Mata PelajaranKelas VIII
    Alokasi IntrakurikulerAlokasi P5RATotal JP
    Al-Quran Hadis72 72
    Akidah Akhlak72 72
    Fikih72 72
    Sejarah Kebudayaan Islam72 72
    Bahasa Arab108 108
    Pendidikan Pancasila72 72
    Bahasa Indonesia18036216
    Matematika14436180
    Ilmu Pengetahuan Alam14436180
    Ilmu Pengetahuan Sosial108 108
    Bahasa Inggris10836144
    Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan7236108
    Informatika72 72
    Seni dan Budaya
         1. Seni Musik
         2. Seni Rupa
         3. Seni Teater
         4. Seni Tari
         5. Prakarya Budi Daya
         6. Prakarya Kerajinan
         7. Prakarya Rekayasa
         8. Prakarya Pengolahan
    72 36108
    Total JP Mapel Wajib13682161584
    Muatan Lokal72-216 72-216
    Total JP1440-15842161656-1800


    Tabel Struktur kurikulum dan alokasi waktu mata pelajaran di MTs Kelas IX

    Mata PelajaranKelas   IX
    Alokasi IntrakurikulerAlokasi P5RATotal JP
    Al-Quran Hadis64 64
    Akidah Akhlak64 64
    Fikih64 64
    Sejarah Kebudayaan Islam64 64
    Bahasa Arab96 96
    Pendidikan Pancasila643296
    Bahasa Indonesia160 160
    Matematika12832160
    Ilmu Pengetahuan Alam12832160
    Ilmu Pengetahuan Sosial9632128
    Bahasa Inggris9632128
    Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan64 64
    Informatika643296
    Seni dan Budaya
         1. Seni Musik
         2. Seni Rupa
         3. Seni Teater
         4. Seni Tari
         5. Prakarya Budi Daya
         6. Prakarya Kerajinan
         7. Prakarya Rekayasa
         8. Prakarya Pengolahan
    64 64
    Total JP Mapel Wajib12161921408
    Muatan Lokal64-192 64-192
    Total JP1280-14081921472-1600

    Keterangan:

    • Asumsi 1 tahun = 36 minggu (untuk kelas VII dan VIII) dan 32 minggu (kelas IX)
    • 1 JP = 40 menit
    • Mapel Seni dan Budaya, madrasah menyediakan minimal 1 jenis seni atau prakarya (seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari, prakarya). Peserta didik memilih 1 jenis seni atau prakarya
    • Muatan Lokal; paling sedikit 72 JP per tahun dan paling banyak 216 JP per tahun (kelas VII, VIII) paling sedikit 64 JP per tahun dan paling banyak 192 JP per tahun (kelas IX) 


    Sebagai tambahan, berikut adalah simulasi alokasi JTM per minggu pada struktur kurikulum KMA 450 tahun 2024, yang disusun oleh Madrasah Bisa.


    Struktur Kurikulum MTs Sesuai KMA No. 450 Tahun 2024

    Implementasi Struktur Kurikulum MTs dilaksanakan dengan ketentuan:

    • Layanan bimbingan dan konseling dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai bimbingan dan konseling.
    • Muatan lokal merupakan muatan pembelajaran yang sesuai dengan kekhasan Madrasah, tipologi Madrasah, potensi, dan keunikan lokal berupa:
      • keagamaan
      • seni budaya;
      • prakarya;
      • pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan;
      • bahasa;
      • teknologi; dan
      • riset.
    • Muatan lokal dapat dilaksanakan pada Madrasah melalui:
      • pengintegrasian ke dalam mata pelajaran lain;
      • pengintegrasian ke dalam tema P5RA; dan/atau
      • mata pelajaran yang berdiri sendiri.
    • Kurikulum di Madrasah penyelenggara pendidikan inklusif di MTs menambahkan mata pelajaran program kebutuhan khusus sesuai kondisi Peserta Didik.
    • Peserta Didik yang memiliki potensi kecerdasan istimewa dapat diberikan percepatan pemenuhan beban belajar dan/atau pendalaman dan pengayaan Capaian Pembelajaran terkait Kurikulum Merdeka sebagai layanan individual dan bukan dalam bentuk rombongan belajar.
    • Madrasah dapat melakukan penambahan dan/atau relokasi jam pelajaran sesuai dengan hasil analisis capaian pembelajaran dan ketersediaan waktu di Madrasah.
    • Madrasah yang mengembangkan program khusus dapat menggunakan alokasi waktu muatan lokal. Kelas VII dan VIII minimal 72 JP dan maksimal 216 JP per tahun sedangkan kelas IX minimal 64 JP dan maksimal 192 JP pertahun.
    • Tim P5RA di Madrasah terdiri atas koordinator dan fasilitator, dengan ketentuan:
      • P5RA dalam 1 (satu) tahun ajaran dilaksanakan 2 (dua) sampai dengan 3 (tiga) projek dengan tema berbeda;
      • Guru mata pelajaran yang alokasi waktu P5RA dialihkan, dapat menjadi fasilitator setara dengan 1 (satu) JP per rombongan;
      • beban belajar sebagai koordinator projek P5RA setara dengan 2 jam tatap muka per 1 rombongan belajar setiap tahun untuk pemenuhan jam tatap muka paling sedikit 24 jam tatap muka per minggu dan paling banyak mengampu 3 rombongan belajar.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama