IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Pentingnya numerasi dalam kehidupan sehari-hari tidak dapat dipungkiri. Namun, bagaimana cara membuat pembelajaran numerasi menjadi lebih menarik dan bermakna bagi peserta didik? Pelatihan ini akan memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut. Anda akan diajak untuk menjelajahi berbagai tools online yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, serta memperkaya pengalaman belajar mereka. Selain itu, pelatihan ini juga akan memberikan manfaat bagi pendidik dengan memberikan berbagai ide kreatif untuk merancang kegiatan pembelajaran yang inovatif.



Akan ada 20 soal yang harus diselesaikan peserta pasca melakukan pelatihan Numerasi: Pemanfaatan Tools Online untuk Pembelajaran Aktif PINTAR Kemenag.

Pelatihan ini digelar dalam rangkaian MOOC PINTAR Kemenag tanggal 2-6 September 2024.

Berikut ini, kunci jawaban materi 3.11 Pemanfatan Aplikasi Infografis untuk Pembuatan Poster pelatihan Numerasi: Pemanfaatan Tools Online untuk Pembelajaran Aktif PINTAR Kemenag.


1 dari 20 soal

Saat membuat media komunikasi visual dalam melakukan pembelajaran berbasis proyek, seluruh peserta didik harus menggunakan tools online yang disarankan oleh guru

Pernyataan tersebut adalah

A Benar, agar dapat meningkatkan literasi digital peserta didik

B Salah, karena menggunakan tools online adalah hal yang sangat sulit

C Benar, agar tidak ada ketimpangan di antara peserta didik

D Salah, karena setiap peserta didik memiliki cara dan preferensi masing-masing dalam mengkomunikasikan hasil pembelajaran

Jawaban: D

Rahman Wahid: 2 dari 20 soal

Jika Ibu dan Bapak ingin membuat ragam bentuk pertanyaan sesuai dengan kebutuhan belajar di kelas, maka ibu dan Bapak bisa menggunakan aplikasi....

A Math Playground

B Quizizz

C Youtube

D 99math

Jawaban: B

3 dari 20 soal

Penggunaan spreadsheet untuk pembelajaran berbasis proyek berfungsi untuk...

A Mengkomunikasikan hasil proyek

B Mengolah informasi dan data yang telah dikumpulkan

C Mencari informasi dan literatur terkait proyek

D Membuat media komunikasi visual

Jawaban: B

4 dari 20 soal

Mengapa permanfaatan TIK dalam pembelajaran di kelas merupakan hal yang penting saat ini?

A Karena adanya tekanan sosial dari masyarakat dan lingkungan sekitar

B Karena pembelajaran tradisional terlalu membosankan

C Karena adanya tekanan sosial dari masyarakat dan lingkungan sekitor

D Karena kebutuhan zaman dengan perkembangan teknologi yang pesat

Jawaban: D

5 dari 20 soal

Salah satu keuntungan menggunakan tipe aplikasi tertutup adalah

A Tidak perlu menggunakan komputer/laptop dan proyektor

B Konten dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di kelas

C Pengguna dapat memanfaatkan template dasar untuk beragam keperluan

D Tidak perlu menyiapkan konten, karena sudah tersedia di aplikasi

Jawaban: D


6 dari 20 soal

Pernyataan yang tepat mengenai pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran aktif adalah

A TIK harus digunakan dalam setiap sesi pembelajaran untuk semua mata pelajaran

B TIK merupakan alat bantu bagi pendidik untuk menyediakan pembelajaran yang efektif dan efisien.

C Pemanfaatan TIK hanya bisa dilakukan jika satuan pendidikan memiliki Lab. Komputer

D Sebelum memanfaatkan TIK, pendidik harus menguasai seluruh aplikasi online yang tersedia dalam perangkat

Jawaban: B

7 dari 20 soal

Berikut ini yang bukan merupakan manfaat dari pemanfaatan tools online dalam pembelajaran aktif di kelas adalah

A Menggantikan budaya luhur dengan budaya barat

B Meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar

C Meningkatkan mutu pembelajaran

D Melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi

Jawaban: A

8 dari 20 soal

Manfaat penggunaan aplikasi desain gratis dalam pembelajaran berbasis proyek adalah

A Membantu peserta didik mencari informasi seputar masalah

B Membantu peserta didik mengolah data hasil wawancara

C Membantu peserta didik memetakan masalah

D Membantu peserta didik membuat media komunikasi visual

Jawaban: D

9 dari 20 soal

Menggunakan aplikasi permainan interaktif pada pembelajaran bertujuan untuk...

A Mengalihkan perhatian peserta didik dari pelajaran yang membosankan

B Meningkatkan motivasi murid dalam mengikuti pembelajaran

C Memenuhi capaian pembelajaran pada suatu mata pelajaran

D Meningkatkan kesenangan peserta didik pada kegiatan bermain

Jawaban: B

10 dari 20 soal

Yang bukan merupakan manfaat dari permainan Jeopardy adalah...

A Meningkatkan rasa kompetitif dalam diri peserta didik

B Meningkatkan keterampilan berkomunikasi

C Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif

D Meningkatkan kolaborasi antar peserta didik

Jawaban: A

11 dari 20 soal

Pernyataan yang tepat mengenal tipe aplikasi terbuka adalah...

A Contoh aplikasi terbuka adalah 99math

B Pengguna tidak dapat menambah konten dalam aplikasi tersebut

C Pengguna hanya dapat menggunakan konten yang ada dalam aplikasi

D Pengguna dapat mengisi dan memanfaatkan template dasar untuk banyak keperluan

Jawaban: D


12 dari 20 soal

Manfaat dari penggunaan aplikasi tipe visual organizer dalam pembelajaran di kelas adalah...

A Membantu peserta didik mengolah data hasil wawancara dan observasi

B Membantu peserta didik berbagi hasil pembelajarannya dengan peserta didik lain

C Membantu peserta didik mendesain poster sebagai produk pembelajaran

D Membantu peserta didik mengekspresikan ide, konsep, dan menyampaikan makna

Jawaban: D

13 dari 20 soal

Romi, murid kelas 5 di SD Bahagia, sedang melakukan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan motivasi membaca murid di sekolah. Data sudah terkumpul, dan guru meminta Romi untuk mengolah dota tersebut dalam spreadsheet. Setelah memindahkan data ke dalam tabel yang sudah tersedia, apa yang selanjutnya dilakukan Romi?

A Memaknai grafik yang sudah terbentuk secara otomatis

B Memindahkan data dari tabel ke buku catatan

C Mempresentasikan hasil pengamatan di depan kelas

D Melakukan wawancara pada murid SD Bahagia

Jawaban: A

14 dari 20 soal

TIK atau tools online hanyalah alat bantu bagi pendidik dalam memberikan pelajaran yang efektif dan efisien. Yang menjadi poin utama dalam pembelajaran adalah....

A Kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran di kelas

B Kemampuan pendidik dalam mendokumentasikan pembelajaran

C Keterampilan pendidik dalam menggunakan teknologi

D Keterlibatan pendidik dalam komunitas cakap teknologi

Jawaban: A

15 dari 20 sool

Selain meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar, permainan Jeopardy juga melatih....

A Kompetisi untuk memperagakan suatu gerakan

B Kerja sama dalam menjawab pertanyaan

C Kemampuan berpikir kritis dalam membuat pertanyaan

D Kompetisi untuk menebak gambar

Jawaban: C

16 dari 20 soal

Yang bukan merupakan pemanfaatan tools online untuk pembelajaran berbasis proyek adalah

A Menggunakan aplikasi tertutup untuk mengerjakan soal asesmen sumatif

B Memanfaatkan mesin pencarian di internet untuk mencari informasi, data, dan literatur

C Memanfaatkan aplikasi desain grafis dan sosial media untuk mengkomunikasikan hasil proyek

D Menggunakan spreadsheet atau aplikasi visual organizer untuk mengolah informasi dan memetakan masalah

Jawaban: A

17 dari 20 soal

Bagaimana keuntungan penggunaan tools online untuk membuat poster digital jika dibandingkan dengan menggambar langsung?

A Penggunaan tools online sangatlah mudah jika dibandingkan dengan menggambar langsung di kertas/karton

B Informasi lebih mudah disampaikan dengan menggunakan poster digital, sedangkan informasi pada poster tradisional cenderung kurang jelas terlihat

C Pada tools online sudah ada template yang bisa langsung digunakan, sedangkan jika menggunakan kertas murid harus menggambar dari awal

D Poster digital dapat diunggah pada sosial media, sedangkan poster tradisional tidak dapat diunggah

Jawaban: C

18 dari 20 soal

Yang bukan kelebihan menggunakan Padlet dalam pembelajaran adalah.....

A Proses dan hasil diskusi tercatat dengan jelas dalam Padlet

B Peserta didik dapat memberikan masukan pada kelompok lain kapan saja

C Peserta didik dapat melakukan video call dalam Padlet

D Peserta diidk dapat bertukar ide dengan efisien

Jawaban: C

19 dari 20 soal

MindMeister dapat peserta didik manfaatkan untuk membuat.....

A Peta Konsep

B Buku cerita

C Poster digital

D Portofolio

Jawaban: A

20 dari 20 soal

Permainan Jeopardy dapat mendukung model pembelajaran kooperatif, yaitu dengan

A Melibatkan kompetisi di dalam kelompok

B Melibatkan kerja sama di dalam kelompok masing-masing

C Menjawab pertanyaan yang diberikan guru

D Menggunakan papan permainan

Jawaban: B


Demikian tadi, kunci jawaban materi 3.11 Pemanfatan Aplikasi Infografis untuk Pembuatan Poster pelatihan Numerasi: Pemanfaatan Tools Online untuk Pembelajaran Aktif PINTAR Kemenag.

***

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama